Sabtu, 22 Oktober 2011

Stadion - Stadion Kebanggaan Indonesia

 Stadion Gelora Sriwijaya (Jakabaring) :
Stadion ini terletak di palembang, dibangun ketika palembang memepersiapkan diri menjadi tuan rumah PON 2004. Berkapasitas 40.000 tempat duduk, stadion ini juga dipakai untuk pertandingan piala asia tahun 2007 mendampingi stadion Gelora Bung Karno. Kandang dari Sriwijaya FC ini di bangun tahun 2001.





Stadion Madya Aji Imbut 
Stadion dengan kapasitas 35.000 tempat duduk ini menjadi markas Mitra Kukar, terletak di Tenggarong-Kalimantan Timur stadion ini selesai dibangun tahun 2007. Stadion ini memiliki design modern dan menjadi salah satu stadion paling indah di Indonesia.




Stadion Palaran
Stadion yang berada di Kalimantan Timur ini merupakan stadion terbesar kedua yang ada di Indonesia. Dibangun jelang PON XVII 2008 lalu, stadion berkapasitas 60 ribu penonton ini menjadi markas Persisam Samarinda. Stadion ini digunakan sebagai venue bagi pembukaan dan penutupan PON XVII 2008. Selain itu stadion ini juga ditunjuk oleh PSSI menggelar babak final dan 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia 2008.




Stadion Mandala
Stadion ini merupakan markas Persipura Jayapura. Stadion yang berada di Jayapura ini baru saja direnovasi untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).
Renovasi stadion kabarnya menelan dana hingga 27 milliar. Perwakilan AFC telah meninjau stadion ini pada 8 Januari 2010 lalu. Awalnya stadion Mandala memiliki kapasitas 30.000 tempat duduk. Setelah renovasi, kapasitas ditingkatkan menjadi menjadi 50.000 tempat duduk dan berpeluang menjadi stadion terbesar di kawasan Timur Indonesia.




Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo terletak di Kota Sleman D.I.Yogyakarta dengan kapasitas 40.000 penonton. Stadion ini merupakan salah satu stadion termodern di Indonesia. Sekarang Stadion Maguwoharjo masih dalam tahap penyelesaian. Stadion kebanggaan masyarakat Sleman ini merupakan kandang dari klub Divisi Utama, PSS Sleman.



Stadion Gelora Bung Tomo
Merupakan salah satu stadion terbesar Indonesia yang memiliki kapasitas kurang lebih 55.000 tempat duduk.
Stadion yang mulai dikerjakan tahun 2008 ini akan menjadi homebase masa depan dari Persebaya Surabaya. Total nilai proyek SSC ini mencapai Rp 440 miliar, Dana itu terbagi atas Rp 293 miliar untuk Stadion Gelora Bung Tomo, Rp 63 miliar untuk stadion indoor , dan Rp 3 miliar untuk masjid. Selebihnya, digunakan untuk melakukan pengurukan lahan.
Rumput stadion sendiri di impor dari Swedia dan Belanda sedangkan sistem drainase sesuai dengan standar Internasional.




Stadion Si Jalak Harupat
Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna dengan biaya 67,5 miliar rupiah dari APBD Kabupaten Bandung. Selanjutnya diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat.




 
Stadion Manahan
Stadion Manahan adalah stadion madya yang terletak di Kotamadya Surakarta, Jawa Tengah. Dalam sejarahnya Stadion Manahan pernah jadi kandang klub-klub ternama tanah air antara lain : Arseto Solo, Pelita Solo (sekarang Pelita Jaya), dan Persijatim Solo FC (sekarang Sriwijaya FC). Sekarang stadion ini mutlak menjadi markas dari keseblasan lokal, Persis Solo.


Stadion Harapan Bangsa
Renovasi stadion ini dilakukan pasca tsunami yang melanda daerah aceh dan sekitarnya dengan bantuan dana oleh FIFA. Persiraja Banda Aceh bermarkas di Stadion ini.


Gelora Bung Karno
Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di Senayan, Jakarta, Indonesia. Kompleks olahraga ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama kompleks olahraga ini diubah menjadi Istora Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama kompleks olahraga ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.[1]. Dengan kapasitas sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertama-nya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.


Stadion Sultan Agung
Stadion Sultan Agung Bantul merupakan kandang dari keseblasan Persiba Bantul, D.I.Yogyakarta. Stadion ini masih dalam penyelesaian, di bangun pada Bulan Maret 2007 lalu dan sekarang telah rampung. Stadion ini dapat menampung sekitar 30-35 ribuan penonton.



Stadion Gajayana
Stadion Gajayana merupakan stadion tua warisan zaman Belanda, terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1924 dan dibuka tahun 1926. Kemudian pada awal 90-an stadion mengalami renovasi sehingga dapat menampung sekitar 15.000 penonton.Sekarang Stadion Gajayana termasuk dalam komplek Malang Olympic Garden. Sekarang Stadion Gajayana yang baru ini dapat menampung sekitar 35.000 penonton.






Ada lagi Stadion yang akan menyusul untuk menjadi yang terbaik dan menjadi kebanggan Indonesia.
Stadion Utama Riau 



Stadion Batakan, Balikpapan


 Stadion Gedebage


Stadion Dompak


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar